lingkungan


PENGARUH LINGKUNGAN & PERGAULAN

1 Korintus 15:33

Ada sebuah kelakar mengenai org Indonesia & Singapura. Katanya, org Indonesia yg tadinya suka buang sampah sembarangan & kurang tertib berlalu-lintas akan mjd tertib & buang sampah di tempatnya ketika berada di Singapura. Sebaliknya, org Singapura akan berubah mjd suka buang sampah sembarangan & tdk tertib berlalu-lintas ketika tinggal di Indonesia.

Entah benar atau tdk hal ini dan juga bukan bermaksud utk menjelekkan bangsa kita, tetapi kelakar ini menggambarkan bhw pengaruh sebuah lingkungan begitu kuat. Ketika lingkungan tempat kita tinggal baik, kita akan berperilaku baik. Namun jika lingkungan buruk, kita akan berperilaku buruk pula.

Alkitab mengingatkan kita akan hal ini: jgn bergaul dgn para pemabuk, pemalas & penjahat. Mengapa? Bukan hanya krn pemabuk & pemalas akan menghasilkan kemiskinan dan penjahat akan menghasilkan perbuatan jahat, melainkan juga
krn pengaruhnya yg akan berdampak buruk kpd kita.

Coba bayangkan, jika kita terus bergaul dgn org2 malas yg selalu mengatakan bhw anggur itu enak dan mabuk itu dpt melupakan sgl masalah. Atau, jika kita selalu bergaul dgn org2 yg hanya memikirkan & melakukan perbuatan jahat, apa yg akan terjadi dgn hidup kita? Tanpa disadari, kita pun akan berpikir dan berperilaku spt mrk.

Lingkungan yg buruk akan selalu ada di sekitar kita. Sekarang, tergantung kpd kita utk memilihnya. Apakah kita mau bergaul di tengah lingkungan yg buruk itu?

Jika pada kenyataannya kita sulit utk menghindar, kitalah yg harus menciptakan lingkungan yg baik yg memberi pengaruh baik kpd mrk. Minimal dlm keluarga kita sendiri.

Jadikanlah keluarga kita sebagai lingkungan yg baik!

(Baca Amsal 6:9~11; 13:20; 16:17; 20:1; 21:17 & 23:19~21; Yesaya 5:11 & Efesus 5:15~18)

Tuhan Yesus mengasihimu!
dari Glory

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s