Komunikasi yang korupsi


 

Extreme view

Eph 4:29  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yg baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yg mendengarnya, beroleh kasih karunia.

29  Let no corruptG4550 communicationG3056 proceed out of your mouth, but that which is good to the use of edifying, that it may minister grace unto the hearers

Kita semua tahu bahwa korupsi adalah tindakan mengurangi suatu bagian, dari sesuatu yang penuh. Contoh : harusnya dapat 100, hanya dikorupsi 30, jadi hanya dapat 70. Sama seperti kata kotor, atau Corrupt, atau sap-ro, worthless,sia-sia. Setiap kata yang diucapkan harusnya tidak sia-sia. Banyak perkataan manusia sekarang ini, kadang saya, suka mengatakan kata yang sia-sia.

Arti Communication, bahasa yunaninya, logos, something said (including the thought),sesuatu yang dikatakan, termasuk pikiran. Komunikasi diartikan ada dua pihak atau lebih pihak, yang terlibat. Terdiri dari apa diucapkan atau ada yang dipikirkan.

Jika digabung kedua kata tersebut, dengan jelas kalau kita boleh mengatakan kata yang sia-sia atau yang dikorupsi karena berbagai alasan kepada lawan bicara, baik satu orang ataupun lebih.

Cara untuk belajar mencegah korupsi kata, dengan Katakanlah ya, kalau ya dan tidak, kalau tidak (mat 5:37) dan lebih banyak mendengar, lambat berkata-kata dan tidak mudah marah (yakobus 1:19).  Kalau tidak bisa melakukan ini, berarti saudara dan saya belum bisa mengendalikan lidah (yakobus 3:8). Sudahkah ??. Isa almasih mencintaimu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s