Renungan Cermin pribadi : yang kelihatan itu menentukan karakter kamu


Bacaan:

2 kor 4:18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

2kor 4:18  While we look not at the things which are seen, but at the things which are not seen: for the things which are seen are temporal; but the things which are not seen are eternal.

Renungan :

Benda yang kelihatan mata fisik, bisa menarik kita kepada kebenaran firman Tuhan atau dosa. Setelah sekian lama ikut Tuhan Yesus, yang kelihatan paling banyak menggoda kita untuk berbuat dosa lebih banyak daripada  berbuat kebenaran. Hanya seiring waktu, kita pasti bisa mengatasi apa yang kelihatan itu, menjadi kebenaran firman Tuhan.

Sudah jelas kita harus menanamkan firman Tuhan ke dalam karakter dan membangun tindakan kamu sesuai firman. Apa yang tidak keliatan, harus ditunjukkan artinya kelihatan oleh orang lain. Tuhan Yesus mengajarkan jadilah terang, karakter dari terang itu, keliatan oleh orang lain atau sekitarnya (mat 5:14).

Banyak dari orang percaya Yesus Tuhan, tidak pernah mau untuk menjadi terang. Mereka memilih untuk beriman saja, yang mana dalam yakobus 2:18 Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.” Mereka tidak bisa dinilai untuk menjadi pengikut Yesus Tuhan. Dalam ayat ini perbuatan dari iman, yang akan menjadi terang dunia. Menjadikan karakter kita berguna bagi orang lain.

Yesus Tuhan tidak kelihatan, Dia kekal, karena itulah Dia harus ada di dalam manusia yang percaya, agar perbuatan atas nama Dia, bisa terlihat oleh orang lain. Dia yang kekal, begitu menarik manusia, hanya bagaimana kita menjadi utusannya untuk menyampaikan terang itu ?.

Komitmen : marilah kita berkomitmen untuk menjadikan perbuatan kita, yang berasal dari firman Tuhan, untuk menjadi terang bagi dunia ini.

Pertanyaan diri sendiri : sudahkah perbuatan saya menjadi terang ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s