Renungan Cermin pribadi : hitunglah penderitaan yang kamu alami, menjadi sukacita


Bacaan: Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan. —Yakobus 1:2 (yak 1:2  My brethren, count it all joy when ye fall into divers temptations)

Renungan : Setiap manusia yang percaya Yesus dan tidak percaya Yesus, pasti menghadapi masalah / penderitaan / tantangan / situasi sulit. Dari lahir hingga meninggal, dari kecil hingga besar, kita mengalami penderitaan. Ada beberapa penderitaan yang sangat berat dan ringan. Penderitaan menjadi sangat berat, karena di lihat melalui mati fisik. Hal yang dapat dirasakan oleh indera manusia. Ada orang yang menanyakan terus tentang kenapa keadaan penderitaan ini, sepertinya tidak pernah habisnya, bergelombang terus menerus, seperti ombak yang terus bermain ke pantai, batu karang, mendebur selalu.

Wajar bagi manusia menanyakan itu, kenapa penderitaan menjadi sahabat terbaik bagi manusia itu?. Seharusnya pertanyaan itu menjadi berbeda bagi orang yang percaya Yesus Tuhan, pasti dan pegang janji-Nya bahwa Dia tidak akan pergi jauh dari kamu, Dia selalu beserta kita. Pertanyaan itu berubah bentuk menjadi aku tahu Engkau ada bersama saya melewati penderitaan ini, agar saya bisa tambah kuat di dalam dunia ini. Ayat ini sangat menghibur dan menenangkan hati dan menegaskan sekali lagi, bahwa penderitaan yang kita alami harusnya menjadi sukacita. Ada saja orang yang selalu berlebih dalam memberi dalam hal rohani/perhatian dan fisik/materi, yang tentu akan memenuhi ayat 2 kor 8:14  Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan.

Komitmen : aku mau menghitung penderitaan saya, untuk mengingat setiap pertolongan Yesus Tuhan

Pertanyaan diri sendiri : sudahkah saya pernah menghitung penderitaan saya ?. Tuhan Yesus mengasihi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s